14.1.16

BUAT SKCK DI POLRES DEPOK

Tanggal 13 Januari 2016 kmrn saya berhasil buat SKCK yeayyyyy :3
Sebelumnya saya udh guling2 di gugel nyari persyaratan apa aja yg diperluin buat bikin skck..
Saya membutuhkan waktu yg cukup lama buat memenuhi persyaratannya. Mulai dr ke RT --> ke RW buat minta surat pengantar ke kelurahan, abis itu ke kelurahan. Saya membutuhkan waktu 1 hari utk tiap tingkatan tsb. Keesokan harinya saya ke polsek dulu utk minta surat pengantar buat skck yg di keluarkan oleh polres.

Sampai disana pada pukul 09.30. Antrian lumayan banyak. Saya menghampiri salah 1 pak polisi utk bertanya perihal pembuatan skck. loket pembuatan skck di Polsek Cimanggis berada di bagian kiri gedung utama (kalau dilihat dr depan gedung), loketnya kecil dan terlihat kurang nyaman karena tdk ada ruang tunggu disana, hanya ada beberapa tempat duduk di pelataran loketnya. Sampai di loket pembuatan, kata Ibu petugasnya, saya langsung saja ke Polres Depok, tdk perlu surat pengantar. 

Sampai di Polres Depok sekitar pukul 10. Keadaan disana tidak terlalu ramai. Dan tempatnya NYAMAN. di ruang tunggunya ada AC, jd ga kepanasan :3
Sampai di loket, berkas2 akan diperiksa oleh petugas. Dan ternyata oh ternyata, saya salah bawa foto saudara2 -______- catat yaa foto yg perlu dibawa itu 4x6. Saya bawa 3x4 -_- trs saya ke fc sebrang polres utk scan foto dan reprint -_- mahaaaaaaal 1 fotonya 5 rb -_- haiiiihh.. yamau gimana lagi -_- saya yg salaaaah :(

Eh iya ini persyaratan utk buat skck:


Buat skck baru:
1. Fc KTP + bawa aslinya utk ditunjukkin ke petugas
2. Fc Kartu Keluarga
3. Fc Akta Kelahiran
4. Pass photo background MERAH 4x6 (5 lembar)
Note: ternyata ga perlu pake surat pengantar kelurahan choooyy! langsung aja ke polsek/ polres/ polda bawa syarat2 yg td saya sebutkan di atas. Ga perlu ke RT RW. And i was wasting my time cz i did it -_- haiiih 

Perpanjangan skck:
1. Fc KTP + bawa aslinya
2. Fc KK, Akta kelahiran
3. Pass photo background merah 4x6 (3 lembar)
4. Bawa SKCK lama (maks 1 thn tidak berlaku) --> yg ini saya jg kurang paham gimana, apa klo masih dalam waktu setahun masih bsa diperpanjang atau 1 thn setelah masa berlaku skck abis masih bsa diperpanjang >_<

Here we go, step by step to get your SKCK:


1. Datang ke polsek/ polres/ polda. Kalau bisa dtgnya pagi2. ya sekitar jam 8 atau 8.30. Biar ga lama antrinya. Kalau bisa ga diwakilin ya, karena mesti tanda tangan gtu. Bawa foto copy KK, fc akta kelahiran punyamu, fc KTP + bawa aslinya aja buat jaga2 (ga ditanya perugasnya sih sebenernya), bawa foto (pass photo loh ya) harus berbackground MERAH 5 lembar. Pulpen utk isi form.

2. Ke loket utk diperiksa kelengkapan persyaratan. Kalau udh lengkap bakal dikasih form untuk diisi.

3. Isi formnya. Banyak yg mesti diisi. Saya lupa mau foto formnya -_- ada nama lengkap, nama alias/ panggilan, usia, ttl (biodata biasa), trs ada jg kolom yg harus diisi biodata ortu, biodata saudara, biodata istri/ suami, biodata anak. Ada jg kolom riwayat hidup yg isinya pernah bersekolah dimana saja dan lulus tahun brp. Ada jg kolom yg menanyakan hobi, kolom yg menanyakan ciri2 fisikmu (rambut, warna kulit, dll). Ada kolom yg menanyakan nomor passport jika punya. Jd bawa passportmu atau foto aja dibagian identitasmu, jd ga perlu bawa passport. Trs apa lg yaaaa -_- kaya pernah ke luar negri mana aja, trs pernah melakukan tindak kriminal apa.

4. Bawa lg form yg udh kamu isi ke loket, trs ntr sama petugasnya di suruh utk identifikasi sidik jari. Ruangnnya ga jauh dr ruang skck. Ada tulisan "ruang identifikasi" kalo ga salah. 

5. Di ruang sidik jari, kamu perlu mengisi form lagi, isinya biodata san ciri2 fisikmu seperti warna dan jenis rambut, bentuk kepala, bentuk dahi dagu, warna dan kondisi mata, bentuk bibir, bentuk hidung, bentuk telinga, dll. Kalo udh slse, kamu bakal cap 10 jari kanan dan kiri. Disini, 2 dari 5 foto yg kamu bawa akan diminta. Setelah selese kamu dikasih kertas gtu yg ada tulisan2 tentang hasil identifikasi sidik jari. Disini bayar 10 ribu utk administrasi.

6. Balik lagi ke loket skck utk menyerahkan berkas2. Bayar 20rb (10 rb buat administrasi, 10rb buat fc + legalisir). Tunggu dipanggil deh.


7. skck + legalisirnya jadi :3


Note:
▪ skck berlaku selama 6 bulan
▪ kalo mau ganti keterangan tujuan pembuatan skck bisa kapan aja, prosedurnya sama dgn pembuatan skck baru minus identifikasi sidik jari, krn data sidik jari kita udh disimpan disana.
▪ kalo mau buat skck utk berbagai tujuan pembuatan skck jg bisa. Misal, kamu butuh skck buat lamar kerja & cpns. Skcknya dibuat terpisah (jadi 2 skck), bayarnya jg double.

Over all, bikin skck jaman sekarang gampang, ga ribet. Bisa via online jg looh :3


Kalau di polres depok sih:
♡ Pelayanan dan petugas2nya oke dan ramah.
♡ ruang tunggunya nyaman
♡ CEPAT! Ga sanpe 2 jam skck saya udh jadi (saat ga terlalu rame, paling sekitar 10-20 org).
♡ total biaya yg harus dikeluarkan adalah 30rb utk pembuatan skck baru (10rb utk biaya adm identifikasi sidik jari, 20rb pembuatan skck)

Semoga info ini bermanfaat yaaaa.. ;)
Xoxo♡



7 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

mau bikin di polres depok jg. helpful sekali, thankyou.

Unknown said...

waduhhh buang wkt, deh ke klurahan

Unknown said...

makasih buat infonya sangat membantu karna tadinya sempet males buat ngurus surat pengantarnya ke rt, rw dan kelurahannya

Unknown said...

Terimakasih buat infonya gan, semoga makin sukses panjenengan....

Kopi Panas said...

Klo misalkan ktp belum jadi tpi ada surat keterangan, itu bisa ga bikin skck?

Unknown said...

Enak ya berati bikin d polres depok bikin dsana aja ahh di polsek rame bgt

Post a Comment